Menu

Mode Gelap

Bisnis · 6 Sep 2022 01:37 WITA ·

Tips Memulai Usaha Pangkas Rambut untuk Pemula


					Tips Memulai Usaha Pangkas Rambut untuk Pemula Perbesar

Usaha pangkas rambut atau barbershop merupakan ide usaha yang menjanjikan dan bisa menghasilkan keuntungan yang besar.

Bisnis ini sangat menjanjikan karena banyak orang yang membutuhkan utamanya bagi pria. Jadi, jika kamu hendak membuka usaha potong rambut sebaiknya untuk pangkas rambut pria.

Kenapa pangkas rambut pria? Sebab, berbeda dengan wanita yang umumnya mereka melakukan perawatan rambut di bandingkan dengan memotongnya.

Sedangkan pria lebih sering tampil dengan gaya cepak sehingga lebih sering memotong rambut. Umumnya seorang laki-laki memotong rambut secara berkala yaitu sebulan sekali.

Kemudian untuk membuka usaha ini tidak perlu modal besar. Sebab, peralatan yang digunakan tergolong sederhana seperti sisi, silet, gunting, dan alat cukur listrik.

Begitupun dengan desain tempat usaha tidak perlu tempat yang luas untuk memulai usaha ini. Karena yang dibutuhkan hanya kursi, cermin, dan peralatan cukur.

Usaha Pangkas Rambut untuk Pemula

Jika kamu memiliki keinginan untuk membuka usaha pangkas rambut, kamu perlu mengetahui beberapa hal seperti kelebihan dan kekurangan, keuntungan, modal usaha, peralatan yang digunakan, dan tips memulai usaha pangkas rambut.

1. Kelebihan dan Kekurangan

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya bahwa peluang usaha barbershop sangat menggiurkan. Beberapa kelebihan yang dimiliki antara lain selalu di butuhkan orang utamanya pria, modal tidak besar, keuntungan besar, bukan bisnis musiman, rutin di pergunakan jasanya, mudah mengatur waktu untuk membukanya, memiliki tingkat resiko rendah.

Namun, selain kelebihan yang di miliki tentu memiliki kelemahan seperti tingkat persaingan yang cukup tinggi, kesulitan mencari lokasi yang strategis, sewa lokasi yang strategis lebih mahal, susah mencari karyawan handal, hasil pangkas rambut tidak sesuai pelanggan tidak kembali.

2. Keuntungan 

Kentungan membuka usaha pangkas rambut tentu sangat bagus dan potensial. Sebab, jasa pangkas rambut selalu di butuhkan khususnya bagi kaum pria, mudah di jalankan, peralatan sederhana, modal kecil, dan modal cepat kembali.

Sebagai gambaran jika dalam sehari mendapatkan pelanggan 20 orang dengan biaya potong rambut sebesar Rp. 15.000, maka pendapatan adalah 20 x Rp. 15.000 = Rp. 300.000 / hari.

Jika pendapatan sehari di kalikan dalam sebulan 30 x Rp. 300.000 = Rp. 9.000.000. Sedangkan untuk rincian pengeluaran hanya berupa pembayaran listrik, air, gaji kapster jika punya karyawan, dan lain-lain.

3. Peralatan yang di Butuhkan

peralatan usaha pangkas rambut

Untuk memulai usaha pangkas rambut memerlukan peralatan yang cukup sederhana dan sangat mudah di temukan. Beberapa peralatan yang perlu di siapkan antara lain kursi barbershop, meja peralatan, cermin besar, mesin cukur, sisir, gunting, kipas angin, dan lain-lain.

4. Modal Usaha 

Selain memahami kelebihan dan kekurangan serta keuntungannya, tidak kalah penting yang perlu kamu ketahui yaitu modal untuk membukanya.

Modal usaha barbershop termasuk kecil, karena hanya menggunakan peralatan yang sederhana dan tidak memerlukan lokasi usaha yang begitu luas.

Usaha pangkas rambut pemula memiliki gambaran modal yang perlu di siapkan sebagai berikut:

  • Sewa tempat 5.000.000
  • Kursi barbershop 1 set    800.000
  • Cermin besar     600.000
  • Meja peralatan     400.000
  • Kipas angin dinding 1 buah     300.000
  • Mesin cukur 2 set     175.000
  • Peralatan lain     500.000

Total                                                          Rp. 8.000.000

Dari gambaran total modal di atas dapat berkurang jika Anda sudah memiliki lahan sendiri, sehingga tidak perlu menyewa tempat.

Sehingga jika di akumulasikan tanpa sewa tempat, hanya memerlukan modal usaha sebesar tiga juta rupiah. Angkat tersebut sangat kecil jika di bandingkan dengan potensi keuntungan yang akan di dapatkan.

Baca juga: Peluang Usaha di Desa 2022 yang Menguntungkan

5. Tips Memulai Usaha Pangkas Rambut

Setiap bisnis yang di jalankan oleh setiap pelaku usaha akan berkembang dan maju jika memiliki modal yang cukup dan memberikan pelayanan yang baik.

Selain itu, jika menjalankan usaha secara offline yang memerlukan tempat usaha harus memilih lokasi yang strategis.

Untuk itu, agar kamu bisa sukses menjalankan usaha barbershop, beberapa tips memulai usaha pangkas rambut berikut ini dapat kamu pertimbangkan.

  1. Tentukan Lokasi Usaha yang Strategis
  2. Berikan Pelayanan yang Nyaman kepada Pelanggan
  3. Gunakan Tenaga Kerja yang Berpengalaman
  4. Ikuti Tren Gaya Potongan Rambut
  5. Harga Bersahabat
  6. Memberikan Potongan Harga untuk Perawatan Tambahan
  7. Melakukan Promosi Offline dan Online

Itulah informasi seputar usaha pangkas rambut yang perlu Anda ketahui sebelum memulainya. Dengan mengetahui kelebihan dan kerugian, keuntungan, peralatan yang digunakan, modal usaha yang perlu di siapkan, dan tips memulainya. Harapannya, Anda bisa sukses menjalankan usaha ini.

Artikel ini telah dibaca 14 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Nanovest Aplikasi Investasi Saham Amerika dan Kripto Terpercaya

14 November 2022 - 02:08 WITA

Nanovest Aplikasi Investasi Saham Amerika dan Kripto Terpercaya

Sambut Hari Tani Nasional 2022, Begini Kata Petani Milenial

24 September 2022 - 09:49 WITA

5 Peluang Usaha di Kendari Yang Menjanjikan

2 September 2022 - 00:41 WITA

peluang usaha di Kendari

Cara Beternak Sapi Bagi Pemula dan Perkiraan Modal

27 Agustus 2022 - 15:19 WITA

cara beternak sapi bagi pemula

Rekomendasi 11 Ide Jualan Makanan Kekinian Modal Kecil

24 Agustus 2022 - 02:42 WITA

ide jualan makanan kekinian

Tips Memulai Bisnis Bibit Tanaman Yang Menguntungkan

22 Agustus 2022 - 06:10 WITA

cara bisnis bibit tanaman
Trending di Bisnis