Menu

Mode Gelap

Tekno & Sains · 30 Mar 2024 15:09 WITA ·

Ini Perbedaan Reservasi dan Booking Hotel


 Ini Perbedaan Reservasi dan Booking Hotel Perbesar

Sering dianggap sama karena memiliki kemiripan, ternyata ada perbedaan reservasi dan booking hotel yang banyak tidak diketahui.

Dalam praktiknya, konsep kedua istilah di bidang perhotelan tersebut memang sudah berbeda meski identik dengan cara pemesanan jasa di awal.

Namun, kamu perlu melihat lebih jauh untuk mengetahui perbedaannya agar tidak salah menggunakan istilah.

Nah, agar mudah dipahami, ini perbedaan reservasi dan booking hotel yang perlu diketahui berdasarkan aspek pembeda tertentu.

Pengertian Reservasi dan Booking Hotel

Reservasi adalah tindakan mengamankan suatu tempat atau layanan, dalam hal ini terkait kamar hotel yang nantinya akan digunakan, tanpa ada pembayaran apa pun.

Sedangkan booking hotel diartikan sebagai tindakan penuh untuk mengamankan tempat atau layanan dengan membayar biaya sesuai kesepakatan.

Meski tampak mirip, tetapi ada perbedaan konsep yang membuat penggunaan kedua istilah ini dipahami dengan cara yang tidak sama.

Manfaat Reservasi dan Booking Hotel

Dalam cara pemesanan kamar hotel, baik dengan konsep reservasi maupun booking, ada banyak keunggulan yang bisa didapatkan oleh pelanggan.

Berikut ini beberapa manfaat reservasi dan booking hotel yang bisa didapatkan, baik oleh tamu maupun pengelola hotel.

  • Ada kepastian status ketersediaan kamar hingga hak penggunaan melalui proses pemesanan reservasi atau booking.
  • Pelanggan memiliki lebih banyak kesempatan untuk mempersiapkan semua kebutuhan yang berkaitan dengan pemesanan kamar hotel.
  • Pengelola hotel dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas produk demi memberi kepuasan kepada pelanggan setelah resmi dipesan.
  • Baik tamu maupun pengelola hotel mendapatkan efisiensi waktu untuk mengetahui ketersediaan tempat dan okupansi.
  • Pelanggan memiliki fleksibilitas andai harus terjadi pembatalan pemesanan kamar hotel.
  • Terjalin kepercayaan antara pelanggan dan pengelola hotel saat kesepakatan pemesanan berakhir di front desk untuk check in.
  • Ada keterbukaan kebijakan dalam proses pemesanan hingga aturan pembatalan kepada pelanggan.

Perbedaan Reservasi dan Booking Hotel Yang Perlu Diketahui

Jika ingin mempelajari perbedaan reservasi dan booking hotel yang perlu diketahui secara lebih mendetail, membedah berdasar aspek fungsi dan penerapannya akan sangat membantu.

Perbedaan Berdasar Fungsi

Aspek fungsi dari kedua istilah di bidang hospitality tersebut akan cukup kentara memperlihatkan perbedaan yang ada.

1. Reservasi

Umumnya, orang melakukan reservasi hotel untuk memastikan ketersediaan kamar untuk menginap pada tanggal dan waktu yang diinginkan.

Penggunaan kata ini sendiri dilakukan sebagai langkah awal saat calon tamu baru memesan dan belum membayar kamar sepenuhnya.

Nantinya, kesepakatan reservasi antara hotel dan calon tamu yang ingin menginap akan memberikan jangka waktu tertentu untuk menyelesaikan pembayaran.

Namun, kesepakatan ini sifatnya tidak mengikat karena bisa saja dibatalkan oleh tamu yang tidak ingin melanjutkan pemesanan.

Selain untuk pemesanan kamar hotel atau jenis penginapan lainnya, istilah reservasi juga banyak digunakan untuk memesan meja di restoran fine dining.

Contoh:

Kamu ingin menginap di hotel favorit saat akhir pekan dan melakukan reservasi untuk satu kamar pada tanggal tertentu sebagai kepastian ketersediaan tempat menginap.

Namun, kamu belum melakukan pembayaran penuh meski sudah memesan via telepon dan baru akan melunasi saat sudah berada di hotel untuk proses check in.

2. Booking

Saat melakukan booking hotel, artinya kamu sudah berkomitmen penuh untuk menggunakan kamar hotel tersebut sesuai tanggal dan waktu yang telah dipesan.

Penggunaan istilah booking ini juga merujuk pada transaksi pembayaran telah dilakukan hingga kamu memiliki hak resmi untuk menghuni kamar tersebut.

Biasanya, pembatalan sepihak akan memunculkan kompensasi materi berupa denda atau bahkan potensi kehilangan uang pembayaran dalam jumlah tertentu sesuai kebijakan hotel.

Mulai dari booking kamar hotel hingga tiket transportasi maupun konser, kewajiban membayar sebagian atau sepenuhnya memang sudah menjadi aturan umum.

Contoh:

Kamu melakukan booking hotel untuk tipe kamar tertentu sesuai tanggal yang diinginkan dan sudah membayar tarif menginap penuh.

Namun, situasi membuatmu  harus membatalkan kesepakatan menginap, melalui konfirmasi dengan pihak pengelola hotel.

Kemungkinan besar uang pembayaran yang sudah masuk akan hangus atau jika dikembalikan tidak akan penuh sesuai kebijakan hotel.

Beberapa hotel dan sistem pemesanan melalui OTA atau Online Travel Agent mungkin hanya akan mengembalikan 70-80% dari uang pembayaran saat terjadi pembatalan booking.

Perbedaan Berdasar Penerapan Kata

Jika menilik perbedaan berdasar penerapan kata, konsep reservasi dan booking hotel akan memperlihatkan penerapan yang berbeda.

Saat akan menginap di hotel, penggunaan kata reservasi untuk memesan kamar lebih banyak diterapkan dalam American English.

Sedangkan untuk booking hotel cenderung digunakan dalam British English meski maknanya sama-sama untuk memesan layanan kamar untuk menginap.

Namun, di Indonesia sendiri lebih umum menganut perbedaan penerapan berdasarkan fungsi yang sebelumnya dijelaskan tadi.

ReservasiBooking
Hanya untuk memastikan ketersediaan kamar hotel.Digunakan untuk memesan kamar dan ada berkomitmen penuh.
Transaksi pemesanan kamar tidak disertai pembayaran.Sudah terjadi transaksi pembayaran dan tamu sudah memiliki hak resmi atas penggunaan kamar.
Dapat dibatalkan jika memutuskan untuk tidak melanjutkan pemesanan tanpa ada kerugian biaya.Pembatalan akan mengakibatkan munculnya biaya denda hingga kehilangan pembayaran sesuai kebijakan hotel.
Umumnya diterapkan dalam American English.Lebih sering digunakan dalam British English.

Untuk lebih memudahkan pemahaman, kamu bisa menyimak perbedaan reservasi dan booking hotel melalui tabel berikut ini.

Demikian informasi dan penjelasan mengenai perbedaan reservasi dan booking hotel yang perlu diketahui hingga memudahkan pemahaman.

Pastikan untuk mengenali perbedaan yang ada hingga kamu dapat menggunakan kedua istilah tersebut dengan tepat.

Artikel ini telah dibaca 33 kali

badge-check

Author

Baca Lainnya

4 Rekomendasi HP Vivo 5G Terbaik dengan Kualitas Premium

15 Juni 2024 - 14:54 WITA

Rekomendasi HP Vivo 5G Terbaik dengan Spek Dewa dan Kualitas Premium

Info Pendaftaran Universitas Muhammadiyah Kendari, Ini Jadwalnya

8 Juni 2024 - 21:12 WITA

Pendaftaran Universitas Muhammadiyah Kendari

Pendaftaran STMIK Bina Bangsa Kendari Tahun 2024, Ini Jurusan Pavoritnya

2 Mei 2024 - 20:33 WITA

Pendaftaran STMIK Bina Bangsa Kendari

Pendaftaran Mahasiswa Baru STIKES Pelita Ibu Kendari, Jadwal & Syaratnya

2 Mei 2024 - 04:43 WITA

Pendaftaran Mahasiswa Baru STIKES Pelita Ibu Kendari

Aplikasi Jual Pulsa dan Token Listrik Termurah (Update 2024)

30 April 2024 - 18:51 WITA

Aplikasi Jual Pulsa dan Token Listrik Termurah

Apa itu Food Cost? Pengertian dan Cara Menghitungnya

1 April 2024 - 19:26 WITA

Food Cost
Trending di Tekno & Sains