Menu

Mode Gelap

Alam · 24 Feb 2024 22:05 WITA ·

10 Pantai di Kendari yang Indah, Cocok Buat Liburan


 10 Pantai di Kendari yang Indah, Cocok Buat Liburan Perbesar

Kendari memiliki banyak destinasi wisata pantai yang indah. Bahkan beberapa pantai di Kendari terbilang cukup populer di kalangan wisatawan lokal maupun manca negara.

Usut punya usut, Kendari berbatasan langsung dengan laut dan teluk hingga tidak heran ada banyak pantai indah yang jernih dan berpasir putih.

Wisata pantai sendiri memang selalu ramai diminati, terlebih di Kendari yang juga diberkahi dengan laut, teluk, hingga pantai yang eksotis.

Wisata Pantai di Kendari Cocok Buat Liburan

Jika kamu berencana untuk berwisata ke Sulawesi Tenggara, jangan ragu untuk mengunjungi beberapa pantai di Kendari yang indah dan populer berikut ini.

1. Pantai Nambo

Pantai Nambo

Pantai Nambo adalah pantai di Kecamatan Abeli, Kota Kendari dengan pasir putih lembut yang membentang sepanjang 300 meter.

Di tepi pantai, ada beberapa gazebo yang bisa digunakan wosatawan untuk bersantai menikmati ombak yang tenang, air laut yang jernih, dan angin sepoi-sepoi.

Tidak heran jika banyak wisatawan yang beraktivitas di sekitar pantai, seperti berenang atau bermai pasir, tanpa perlu khawatir akan terseret ombak.

2. Pantai Toronipa

Pantai Toronipa

Pantai Toronipa berada di ujung timur Teluk Kendari, tepatnya di Kelurahan Toronipa, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe.

Untuk mengunjungi pantai unggulan Sulawesi Tenggara ini, kamu harus berkendara kurang lebih 50 menit dari Kota Kendari.

Meski cukup jauh dari ibukota, tetapi banyak wisatawan yang datang hingga Pantai Toronipa tidak pernah sepi.

Salah satu daya tarik pantai yang menghadap langsung ke Laut Banda ini adalah barisan pohon cemara yang berjajar di pinggir pantai.

Tempat ini juga menjadi tujuan wisata bersama keluarga yang banyak difavoritkan mengingat ada fasilitas pendukung seperti penginapan dan wisata kuliner yang lengkap.

3. Pantai Bokori

Pantai Bokori

Bokori adalah salah tempat wisata di Kendari yang populer dan banyak dikunjungi wisatawan.

Pantai eksotis di pulau wisata Bokori yang berada di Kelurahan Tapulaga, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe ini memiliki hamparan pasir putih dan laut biru jernih yang cantik.

Sebenarnya, nama Bokori berasal dari bahasa Bajo, boko artinya penyu dan ri artinya tempat. Jadi pulai Bokori berarti tempat bertelur penyu.

Jika ingin melihat keindahan pantai di pulau Bokori, kamu cukup menyeberang dengan kapal kecil selama kurang lebih 15 menit.

Di pantai ini, kamu bisa mengeksplor berbagai aktivitas seru, mulai dari berenang, memancing, camping, hingga snorkeling.

4. Pantai Taipa

Pantai Taipa

Pantai Taipa merupakan salah satu destinasi unggulan populer di Konawe Utara, tepatnya di desa Taipa, Kecamatan Lasolo.

Pesona pantai yang menghadap ke Laut Banda ini dihiasi oleh hamparan pasir putih di sepanjang bibir pantai.

Selain itu, pantai ini jug ditumbuhi aneka jenis tanaman buah mangga yang bisa dinikmati oleh pengunjung saat musim panen.

Bukan hanya mangga, Pantai Taipa juga dihuni oleh burung Maleo, fauna endemik asli dari Sulawesi Tenggara.

Jika ingin menikmati pemandangan laut yang indah sambil bersantai, kamu bisa duduk di gazebo yang disewakan kepada pengunjung pantai.

5. Pantai Batu Gong

Pantai Batu Gong

Terletak di Jalan Poros Wisata Batu Gong, Toola Wawo, Kabupaten Konawe, Pantai Batu Gong memiliki keistimewaan dalam hal asal usul namanya.

Menurut cerita penduduk setempat, nama pantai ini berasal dari suara menyerupai gong yang samar-samar muncul saat ombak menghantam tebing batu yang terkikis menjadi gua dangkal.

Di samping keunikan tersebut, pantai ini juga memiliki pemandangan laut biru yang indah hingga banyak wisatawan tertarik untuk datang.

Saat berada di kawasan pantai, kamu akan mendapati beberapa gazebo yang disediakan untuk wisatawan bersantai dan menikmati semilir pantai.

Tidak perlu takut kelaparan, karena ada banyak warung sederhana yang menjual makanan dan minuman ringan bagi pengunjung pulau.

6. Pantai Pulau Labengki

Pantai Pulau Labengki

Pulau Labengki yang dijuluki sebagai miniatur Raja Ampat juga tidak kalan mencuri perhatian wisatawan dengan pulau-pulau kecil yang dikelilingi lautan biru.

Bahkan jika ingin melihat panorama indah pulau, kamu bisa mendaki ke puncak bukit dan menyaksikan langsung Teluk Cinta yang ikonik.

Pulau yang memiliki kekayaan biota laut ini juga dikeliling tempat wisata menarik, di antaranya Goa Tobelo, Blue Lagoon, hingga Pantai Pasir Panjang dan Pantai Pasir Merah.

Pantai dengan hamparan pasir putih dan air laut yang biru menjadi daya tarik utama yang memesona dan memanjakan mata wisatawan.

Tidak heran jika pulau Labengki berkembang menjadi pusat pariwisata hingga memiliki fasilitas pendukung, seperti restoran, kafe, homestay, resort, dan pusat informasi turis.

7. Pantai Nirwana

Pantai Nirwana

Sesuai namanya, pantai Nirwana bak surga yang menyuguhkan pemandangan indah dan memesona berupa warna perairan yang didominasi putih, biru, dan hijau.

Putih merupakan hamparan pasir pantai, biru dari air laut yang jernih, dan hijau datang dari pepohonan rimbun di sekeliling pantai.

Kombinasi ini bukan hanya memnajakan mata tetapi juga memberikan kesejukan suasana karena ada hembusan semilir angin di pantai tropis yang cerah.

Suara debur ombak yang melaju juga menambah ketenangan saat menikmati suasana pantai tanpa batu karang ini.

8. Pantai Senja

Pantai Senja

Pantai Senja yang berada sekitar 45 menit berkendara dari pusat kota Kendari, atau tepatnya di wilayah Konawe Selatan ini juga sering dijuluki sebagai miniatur Raja Ampat.

Bukannya tanpa alasan, pantai di pulau ini memiliki panorama alam yang eksotik dan murni hingga keindahannya memukau wisatawan lokan dan manca negara.

Pantai dengan air laut warna biru yang jernih tersebut dikeliling tebing-tebing karang dan pepohonan hijau yang menambah sejuh juga asri.

Bukan hanya cocok didatangi saat hari cerah, momen sunset juga menjadi daya tarik di pulau dengan pantai pasir putihnya tersebut.

Tidak heran jika kemudian banyak wisatawan yang mengabadikan momen itu lewat foto yang dijamin sangat Instagramable.

9. Pantai Tomia

Pantai Tomia

Bergeser sedikit ke Wakatobi yang masih masuk wilayah provinsi Sulawesi Tenggara, ada Pantai Tomia yang juga wajib masuk daftar kunjungan saat momen liburan.

Selain hamparan pasir putih dan warna biru air laut, pantai ini juga memiliki kekayaan terumbu karang yang tumbuh subur serta terjaga kelestariannya.

Walhasil, banyak wisatawan manca negara yang datang untuk menikmati panorama indah bawah laut tersebut secara langsung dengan menyelam ke laut.

10. Pantai Karang Purirano

Pantai Karang Purirano

Pantai Karang Purirano berada di wilayah Kecamatan Kendari, Kelurahan Purirano yang berjarak kurang lebih 13 km dari pusat Kota Kendari.

Salah satu keunikan pantai ini dan banyak mencuri perhatian wisatwan yaitu daratan karang yang terbentuk pasca proses abrasi.

Di pantai ini, kamu bisa mengambil batu karang kecil hingga siput laut saat air laut sudah surut.

Nah, itulah tadi beberapa pantai di Kendari yang indah dan populer hingga layak masuk daftar destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat ke kota Kendari. Selamat menikmati liburan di Kendari yang menjadi ‘surga’ bagi para pencinta pantai.

Jangan lupa juga untuk mengunjungi tempat wisata lainnya selain rekomendasi di atas untuk mengeksplor hidden gems di Sulawesi Tenggara.

Artikel ini telah dibaca 101 kali

badge-check

Author

Baca Lainnya

5 Rekomendasi Tempat Camping di Kendari dan Sekitarnya

5 Juni 2024 - 18:58 WITA

Tempat Camping di Kendari

Candi Ratu Boko: Daya Tarik, Harga Tiket, dan Lokasi

4 Juni 2024 - 05:52 WITA

Candi Ratu Boko

Agra Wisata Pondidaha: Daya Tarik, Tiket Masuk, dan Jam Buka

1 Juni 2024 - 07:25 WITA

Agra Wisata Pondidaha

Mantara Waterpark: Daya Tarik, Tiket Masuk, dan Lokasi

31 Mei 2024 - 05:35 WITA

mantara waterpark

The Lost World Castle: Daya Tarik, Harga Tiket, dan Jam Buka

22 Mei 2024 - 18:26 WITA

The Lost World Castle

Daya Tarik Bukit Klangon, Harga Tiket Masuk, Fasilitas, dan Rute

18 Mei 2024 - 08:26 WITA

Bukit Klangon Sleman
Trending di Alam