Menu

Mode Gelap

Alam · 4 Jun 2024 05:52 WITA ·

Candi Ratu Boko: Daya Tarik, Harga Tiket, dan Lokasi


 Candi Ratu Boko: Daya Tarik, Harga Tiket, dan Lokasi Perbesar

Candi Ratu Boko merupakan destinasi wisata sejarah dan budaya di Yogyakarta yang layak masuk dalam daftar kunjungan.

Situs reruntuhan istana kuno yang berada di kompleks Candi Prambanan ini memiliki cukup banyak daya tarik yang memikat wisatawan.

Nah, jika kamu juga ingin berkunjung, berikut ulasan tentang Ratu Boko yang meliputi  daya tarik, harga tiket, jam buka, fasilitas, dan lokasi sebagai gambaran umum.

Tentang Candi Ratu Boko

Ratu Boko adalah kompleks candi berupa reruntuhan sebuah istana megah yang dibangun pada masa pemerintahan Rakai Panangkaran dari Wangsa Syailendra pada abad ke-8.

Candi yang dikenal dengan sebutan Keraton Ratu Boko atau Situs Ratu Boko ini awalnya bernama Abhayagiri Vihara sebagai tempat menyepi dan fokus pada kehidupan spiritual.

Legenda candi ini juga sering dikaitkan dengan kisah Bandung Bondowoso yang membunuh Ratu Boko atau Prabu Baka, ayah dari Roro Jonggrang.

Terlepas dari itu, kompleks reruntuhan situs candi sendiri terletak di area seluas 25 hektar pada ketinggian 195,97 meter di atas permukaan laut dan terbagi menjadi empat.

Bagian tengah situs meliputi bangunan gapura utama, Candi Pembakaran, kolam, batu berumpak, lapangan, dan Paseban.

Sedangkan di bagian tenggara terdiri atas tiga candi, pendopo, balai-balai, kolam, dan kompleks Keputren.

Di bagian barat terdapat stupa Budha, Gua Lanang, Gua Wadon, dan kolam, serta di bagian barat hanya terdiri dari area perbukitan.

Daya Tarik Candi Ratu Boko

Daya tarik Candi Ratu Boko antara lain gerbang masuk kompleks candi, struktur bangunan, dan pemandangan alam yang memukau.

1. Gerbang Masuk Kompleks Candi

Gerbang masuk kompleks candi di sisi barat menjadi daya tarik tersendiri dari Situs Ratu Boko yang meliputi gerbang dalam dan gerbang luar.

Gerbang dalam yang merupakan gerbang utama memiliki ukuran lebih besar dari gerbang luar yang letaknya berjarak sekitar 15 meter.

Uniknya, gerbang dalam yang berbaris sejajar dengan gerbang luar ini terdiri dari lima gapura paduraksa dengan tiga anak tangga.

Tangga naik tersebut dilengkapi dengan pipi tangga yang dihiasi ‘ukel’ atau ‘gelung’ di pangkal dan kepala raksasa di puncaknya.

Selain itu, dinding luar dari pipi tangga juga terdapat hiasan berupa pahatan bermotif bunga dan sulur-suluran yang unik.

2. Struktur Bangunan

Daya tarik lain dari Ratu Boko yaitu struktur bangunan di kompleks candi yang meliputi Candi Batukapur, Candi Pembokoran, Paseban, Pendopo, Kaputren, serta gua-gua.

Bangunan Candi Batukapur berada di arah timur laut kurang lebih 45 meter dari gerbang pertama yang dibangun dari batuan kapur.

Terletak 37 meter ke arah timur laut dari gerbang utama, Candi Pembokoran berbentuk teras tanah berundak setinggi 3 meter dengan dasar bujur sangkar seluas 26 meter persegi.

Paseban atau tempat menghadap raja berukuran panjang 38 meter, lebar 7 meter, dan tinggi 1,5 meter ini dibangun dari batu andesit yang membujur ke arah utara-selatan.

Di beberapa titik permukaan lantai ditemukan 20 umpak fondasi untuk menancapkan tiang dan empat alur bekas dinding pembatas.

Lalu, terdapat juga pendapa yang berjarak sekitar 20 meter dari paseban di selatan gapura dengan pagar dinding batu setinggi 3 meter pada lahan berukuran 40×30 meter.

Di timur pendapa ada bangunan kaputren atau tempat tinggal para putri yang terbagi dua oleh tembok batu dengan sebuah pintu penghubung.

Sedangkan di timur laut paseban, terdapat Gua Lanang dan Gua Wadon yang letaknya tepat di lereng bukit kawasan Situs Ratu Boko.

3. Pemandangan Alam yang Indah

Pemandangan alam yang indah juga tidak kalah memukau wisatawan dan menjadi daya tarik lainnya dari Situs Ratu Boko.

Dari lokasi Ratu Boko, wisatawan bisa melihat pemandangan Yogyakarta, Gunung Merapi dan Candi Prambanan sekaligus.

Bahkan view matahari terbenam di Ratu Boko juga sangat memesona dan sering dijadikan spot foto yang banyak diburu pengunjung wisata.

Harga Tiket

Harga tiket Candi Ratu Boko yaitu Rp 40.000 per orang untuk pengunjung dewasa dan Rp 20.000 per orang untuk pengunjung anak-anak.

Bagi pengunjung yang berstatus pelajar atau mahasiswa, pengelola wisata memberikan diskon khusus 50% dengan minimal 20 orang.

Selain itu, ada juga pilihan tiket masuk terusan untuk paket wisata shuttle Ratu Boko – Candi Prambanan dengan tarif Rp 78.000 untuk dewasa dan Rp 40.000 untuk anak.

Bagi yang ingin menikmati paket wisata Ratu Boko – Candi Borobudur, ada juga tiket masuk terusan dengan tarif Rp 75.000 untuk dewasa dan Rp 35.000 untuk anak.

Fasilitas

Fasilitas Candi Ratu Boko meliputi toilet umum, mushola, taman terbuka hijau dan area parkir kendaraan yang cukup luas.

Selain itu, kompleks wisata ini juga dilengkapi dengan CCTV dan beberapa security atau penjaga.

Bagi wisatawan yang baru pertama kali datang dan membutuhkan informasi, di sini juga tersedia fasilitas pendukung berupa papan informasi dan pemandu wisata.

Jam Buka

Jam buka Candi Ratu Boko mulai pukul 7 pagi sampai 5 sore setiap hari yang berlaku di hari biasa, akhir pekan, maupun hari libur nasional.

Jadi, pengunjung Ratu Boko bisa datang kapan pun sesuai jam operasional yang diberlakukan oleh pengelola wisata.

Lokasi Candi Ratu Boko

Lokasi Ratu Boko terletak di Jl. Raya Piyungan – Prambanan No.2, Gatak, Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dari pusat kota Yogyakarta, akses menuju Candi ini ini sekitar 16 kilometer atau kurang lebih 35 menit berkendara.

Kamu bisa menggunakan rute melalui Jalan Laksda Adisutjipto dan Jalan Raya Solo – Jogja ke arah timur.

Jika sampai di persimpangan Pasar Prambanan, ambil arah ke selatan melewati Jalan Prambanan – Piyungan dan ikuti penunjuk jalan menuju Ratu Boko.

Namun, untuk memudahkan dalam mendapat panduan arah terbaik, kamu bisa menggunakan fitur bantuan Google Maps atau aplikasi lain sejenisnya.

Demikianlah ulasan tentang Ratu Boko yang meliputi  daya tarik, harga tiket, jam buka, fasilitas, dan lokasi yang sudah kami rangkum sebagai gambaran umum.

Lewat informasi di atas, kamu bisa mempersiapkan anggaran dan keperluan kunjungan lain yang dibutuhkan ke Ratu Boko.

Selain itu, kamu juga bisa menemukan wisata di Yogyakarta terdekat lainnya untuk dikunjungi dan dapatkan pengalaman liburan terbaik.

Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Author

Baca Lainnya

5 Rekomendasi Tempat Camping di Kendari dan Sekitarnya

5 Juni 2024 - 18:58 WITA

Tempat Camping di Kendari

Agra Wisata Pondidaha: Daya Tarik, Tiket Masuk, dan Jam Buka

1 Juni 2024 - 07:25 WITA

Agra Wisata Pondidaha

Mantara Waterpark: Daya Tarik, Tiket Masuk, dan Lokasi

31 Mei 2024 - 05:35 WITA

mantara waterpark

The Lost World Castle: Daya Tarik, Harga Tiket, dan Jam Buka

22 Mei 2024 - 18:26 WITA

The Lost World Castle

Daya Tarik Bukit Klangon, Harga Tiket Masuk, Fasilitas, dan Rute

18 Mei 2024 - 08:26 WITA

Bukit Klangon Sleman

9 Tempat Bermain Anak di Kendari, Indoor dan Outdoor

9 Mei 2024 - 05:22 WITA

tempat bermain anak di kendari
Trending di Wisata